Friday 8 July 2016

Sifat-Sifat Enzim Sebagai Biokatalisator

Posted by de Fairest at 7/08/2016 05:27:00 pm
Sifat-sifat enzim sebagai biokatalisator adalah sebagai berikut.

Enzim adalah Protein
Karena enzim adalah protein, kerja enzim seperti sifat protein, yaitu membutuhkan kondisi lingkungan (suhu, pH, konsentrasi ion, dan sebagainya) yang sesuai. Lingkungan enzim yang tidak cocok menyebabkan enzim rusak sehingga tidak mampu bekerja dengan baik.

Enzim Bekerja secara Spesifik/Khusus
Di dalam sel terdapat ribuan jenis enzim yang fungsinya masing-masing sangat spesifik. Tiap enzim hanya dapat bekerja untuk mengkatalis reaksi yang spesifik. Dengan kata lain, suatu enzim hanya dapat bekerja untuk substratnya yang cocok.

Enzim Berfungsi sebagai Katalis
Katalis mengubah kecepatan reaksi, namun tidak mengubah produk akhir yang dibentuk atau mempengaruhi keseimbangan reaksi.

Enzim Hanya Diperlukan dalam Jumlah Sedikit
Sesuai dengan fungsinya sebagai katalis, enzim hanya diperlukan dalam jumlah sedikit. Sejumlah kecil enzim dapat meningkatkan kecepatan reaksi secara hebat.

Enzim dapat Bekerja secara Bolak-balik
Enzim tidak mempengaruhi arah reaksi, sehingga dapat bekerja bolak-balik. Enzim dapat menguraikan suatu senyawa menjadi senyawa-senyawa lain. Enzim juga dapat menyusun senyawa-senyawa menjadi senyawa tertentu. 

Reaksinya dapat digambarkan sebagai berikut.
E+S  <-----> E S <-----> E+P
(E = enzim, S = substrat, dan P = produk).

Enzim Dipengaruhi oleh Faktor Lingkungan
Faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi kerja enzim adalah suhu, pH, aktivator (pengaktif) dan inhibitor (penghambat), serta konsentrasi enzim dan substrat.

0 comments:

Post a Comment

 

de Biology Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea