Sunday 31 July 2016

Gen - Substansi Genetik

Posted by de Fairest at 7/31/2016 08:36:00 pm
Istilah gen diciptakan oleh W. johannsen pada tahun 1909. Gen adalah unit instruksi untuk menghasilkan atau mempengaruhi suatu sifat herediter tertentu. Gen terdiri dari DNA yang diselubungi dan diikat oleh protein. Secara kimia, dapat disebut bahwa unit informasi genetik adalah DNA. 


LETAK DAN SIMBOL GEN

Letak suatu gen pada kromosom disebut lokus. Lokus pada kromosom dianalogikan seperti manik-manik yang berjejer lurus pada seuntai benang, deh karena lokus gen terdapat pada tiap kromosom, sedangkan kromosom sel diploid selalu berpasangan (memiliki kromosom homolog), setiap sel diploid memiliki dua lokus untuk setiap karakter sifat herediternya.

Letak gen-gen yang terdapat pada suatu kromosom disimbolkan dengan garis-garis pendek horizontal yang melewati garis panjang vertikal. Garis panjang vertikal merupakan simbol untuk kromosom. Oleh karena letak gen linier, garis-garis pendek tersebut juga digambarkan berjejer linier 
(a) Kromosom homolog dan (b) letak gen pada kromosom (penyederhanaan simbol genetika)
Simbol gen untuk setiap garis pendek menggunakan huruf latin kecil atau besar. Simbol gen yang menunjukkan karakter resesif biasanya ditulis dengan huruf kecil.

Sebaliknya, simbol gen yang menunjukkan karakter dominan ditulis dengan huruf besar. Misalnya karakter cebol atau dworf yang resesif disimbolkan dengan huruf d. Sedangkan karakter tidak cebol atau normal yang dominan disimbolkan dengan huruf D. Pasangan yang dapat terjadi dari simbol gen tersebut adalah DD, Dd, dan dd.

0 comments:

Post a Comment

 

de Biology Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea