Sunday 25 January 2015

Pertukaran Oksigen dan Karbondioksida

Posted by de Fairest at 1/25/2015 06:03:00 pm
Dalam keadaan biasa sehari semalam kita memerlukan 30 liter oksigen. Kebutuhan oksigen ini akan meningkat apabila aktivitas tubuh juga meningkat.

Oksigen akan menembus selaput alveolus, kemudian akan diangkat menuju jaringan tubuh. 97% masuk ke dalam darah dan diangkut oleh hemoglobin, sedangkan 3% lagi akan larut dan diangkut oleh plasma darah. Oksigen yang terikat dalam Hb disebut oksihemoglobin (HbO). Proses pengikatan dan pelepasan oksigen oleh Hb dipengaruhi oleh kadar oksigen darah, kadar karbon dioksida, dan tekanan oksigen.

Darah manusia normal sekitar 5 liter. Dalam sekali beredar setiap 100 cc darah mampu mengangkut 7 cc O2 yang dimanfaatkan oleh jaringan, maka setiap satu kali beredar, seluruh darah dalam tubuh manusia mampu menyampaikan oksigen ke jaringan sebanyak 350 cc.

Dalam aktivitas biasa, tubuh manusia mampu menghasilkan 200 cc C02, sedangkan setiap 1 liter darah hanya mampu melarutkan 4,5 cc CO2. Di dalam darah CO, akan bereaksi dengan air membentuk senyawa H2CO3 yang bersifat asam sehingga akan membahayakan jaringan, akan tetapi karena pengaruh ion Na dan K, darah dapat dinetralkan kembali.

Di dalam darah, CO, akan diangkut ke paru-paru dalam tiga bentuk, yaitu:
  • Sekitar 60-70% C02 akan diangkut dalam bentuk HCO, oleh plasma darah,
  • ± 25% CO, akan diikat oleh gugus asam amino dari Hb membentuk karbonmonohemoglobin (RHCOOH)
  • 6-10 CO, diangkut oleh plasma darah dalam bentuk senyawa asam karbonat.
Karbon dioksida yang dilepaskan oleh sel masuk ke pembuluh darah, khususnya ke vena, kemudian dibawa ke jantung. Pada saat jantung berdenyut, gas C02 dibawa ke paru-paru oleh arteri paru-paru. CO2 dilepaskan ke alveolus dan O2 dari alveolus dilepaskan ke kapiler paru- paru yang selanjurnya diikat oleh Hb sel darah merah. Darah yang mengandung O2 dikirim kembali ke jantung melalui vena paru-paru. Sesampai di jantung darah dipompakan ke aorta dan dialirkan ke seluruh jaringan tubuh.

0 comments:

Post a Comment

 

de Biology Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea