Sunday 4 January 2015

Lambung (Ventrikel)

Posted by de Fairest at 1/04/2015 11:29:00 am
Setelah dari esofagus, makanan akan masuk ke lambung. Di dalam lambung terjadi pencernaan mekanik dan kimia. Secara mekanik otot lambung akan berkontraksi mengaduk-aduk bolus. Secara kimiawi bolus bercampur dengan getah lambung yang mengandung HCl, enzim pepsin, dan renin. Setelah melalui proses pencernaan selama 2-4 jam bolus menjadi bahan berwarna kekuningan yang disebut kimus (bubur usu). Kimus akan masuk sedikit demi sedikit ke dalam usus halus.

Lambung adalah bagian dari saluran pencernaan berupa kantung besar terletak di dalam rongga perut di sebelah bawah tulang rusuk terakhir agak ke kiri.
Penampang Lambung
Bagian –bagian pada lambung, antara lain :
  • Kardiak , yaitu bagian atas dekat dengan hati
  • Fundus, yaitu bagian tengah yang menggantung
  • Pilorus, yaitu bagian bawah dekat dengan usus halus

Dinding lambung terdiri atas beberapa lapis jaringan otot, ada yang memanjang, melingkar maupun menyerong. Apabila otot-otot ini berkontraksi secara bergantian maka akan menyebabkan makanan teraduk dan terbentuklah bubur yang disebut kim.

Bagian fundus menghasilkan getah lambung yang mengandung bermacam-macam zat seperti air, ion-ion garam organik, miosin (lendir HCl dan enzim-enzim pencernaan).

Fungsi HCl (asam klorida), antara lain :
  1. Mengakifkan enzim yang dihasilkan oleh getah lambung
  2. Mengubah Ph di dalam lambung menjadi asam. Hal ini akan menyebabkan kuman yang masuk bersama makanan akan terbunuh
  3. Merangsang sekresi getah lambung
  4. Mengatur, membuka dan menutupnya klep antara lambung dan usus dua belas jari

Produksi getah lambung dipengaruhi oleh :
  • Jumlah makanan yang masuk ke dalam lambung ; jika makanan yang masuk ke lambung sedikit, maka produksi HCl juga sedikit. Sedangkan jika makanan yang masuk ke lambung banyak maka produksi HCl juga banyak
  • Emosi ; ketika seseorang sedang emosi dapat terjadi jumlah makanan yang masuk sedikit, akan tetapi produksi HCl banyak sehingga dapat menyebabkan kerusakan selaput lendir lambung.

Bagian dalam dinding lambung menghasilkan lendir. Selain itu pada dinding lambung juga terdapat kalenjar buntu yang menghasilkan hormon gastrin yang berfungsi untuk memacu sekresi getah lambung.

0 comments:

Post a Comment

 

de Biology Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea