Monday 10 March 2014

Tulang

Posted by de Fairest at 3/10/2014 10:30:00 am
Tulang adalah jaringan yang paling keras di antara jaringan ikat lainnya pada tubuh. Tulang terdiri atas air garam-garam mineral (terutama kalsium) dan bahan seluler.

Tulang berfungsi sebagai penyangga tubuh, pelindung organ tubuh, pendukung pergerakan tubuh, tempat memproduksi sel darah, serta menyimpan mineral (kalsium dan fosfor).

JENIS-JENIS TULANG
Tulang yang menyusun tubuh manusia jumlahnya lebih dari 200 buah. Tulang-tulang tersebut dapat berbeda jenisnya.

Tulang dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan :

A. JENIS TULANG BERDASARKAN BAHAN PEMBENTUKNYA
Berdasarkan bahan pembentuknya, tulang dibedakan menjadi 
  1. Tulang Rawan
    Tulang rawan dibentuk oleh kondrosit (sel tulang rawan) dan matriks bahan dasar. Matriks tulang rawan tersusun dari kondrin, kolagen dan kalsium

    Tulang rawan ditemukan terutama pada sendi dan di antara dua tulang. Pada permulaan pertumbuhannya, seluruh tulang embrio disusun oleh tulang rawan. Lambat laun tulang ini diganti oleh tulang keras, akan tetapi pergantiannya belum selesai sampai usia 25 atau 26 tahun. Pada saat menginjak usia dewasa, tulang rawan hanya sebagai penutup ujung-ujung tulang.

    Tulang rawan pada anak-anak dan tulang rawan pada orang dewasa berbeda. Tulang rawan pada anak-anak lebih banyak mengandung kondrosit daripada matriksnya, sedangkan tulang rawan pada orang dewasa lebih banyak mengandung matriks. Selain itu, tulang rawan pada anak-anak berasal dari mesenkim, sedangkan pada tulang rawan orang dewasa berasal dari perikondrium yang banyak mengandung kondroblas atau kondrosit.

    Tulang rawan dibedakan  menjadi tiga jenis yaitu :
    a. Tulang rawan hialin
    Tulang Rawan Hialin
    Tulang Rawan Hialin
    Tulang rawan hialin mempunyai matriks yang transparan. Merupakan jenis tulang rawan yang paling banyak terdapat di dalam tubuh manusia. Tulang rawan ini dijumpai di hidung, sendi gerak dan ujung tulang rusuk.

    b. Tulang rawan fibrosa
    Tulang Rawan Fibrosa
    Tulang Rawan Fibrosa
    Tulang rawan fibrosa mempunyai matriks yang berisi serabut kolagen yang kaku. Merupakan jenis tulang rawan yang dapat dijumpai di bagian tubuh yang memerlukan kekuatan besar, misalnya pada ruas tulang belakang dan lutut.

    c. Tulang rawan elastik
    Tulang Rawan Elastik
    Tulang Rawan Elastik
    Tulang rawan elastik terbentuk dari serabut elastik yang lentur. Tulang rawan ini tidak akan mengalami perubahan menjadi tulang keas, meskipun orang tersebut telah dewasa. Tulang rawan elastik dijumpai di dalam telinga, cuping hidung dan epiglotis.
  2. Tulang Keras
    Tulang keras pada kehidupan sehari-hari kita sebut sebagai tulang saja. Tulang ini berasal dari tulang rawan yang mengalami asifikasi (pengerasan), dibentuk oleh asteosit yang banyak mengeluarkan matriks. Berbeda dengan matriks tulang rawan,  matriks tulang rawan mengandung sedikit kolagen dan mengandung banyak kalsium dan fosfor. Kalsium dan fosfor yang terkandung dalam matriks menyebabkan tulang menjadi keras dan tidak lentur.
B. JENIS TULANG BERDASARKAN SIFAT BAHAN PENYUSUNNYA
Berdasarkan sifat bahan penyusunnya (tekstur) tulang dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
  1. Tulang Kompak
    Tulang Kompak (Compact Bone)
    Tulang Kompak (Compact Bone)
    Tulang kompak mempunyai bahan penyusun yang kompak dan padat sehingga membentuk lapisan luar yang padat. Contoh lapisan luar tulang panjang.
  2. Tulang Spons
    Tulang Spons (Spongy Bone))
    Tulang Spons (Spongy Bone)
    Tulang spons mempunyai bahan penyusun yang berongga, berfungsi untuk melindungi tulang itu sendiri apabila terjadi benturan. Contoh pada tulang tengkorak dan pada ujung-ujung tulang panjang dekat sambungan tulang.

C. JENIS TULANG BERDASARKAN BENTUKNYA
Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi tiga macam, antara lain :
  1. Tulang Pendek
    Tulang pendek berbentuk silinder kecil dan berisi sumsum merah. Tulang pendek terdapat pada tulang pergelangan kaki, tulang pergelangan tangan dan tulang pada ruas tulang punggung.
  2. Tulang Pipih 
    Tulang pipih berbentuk pipih dan lebar. Tulang ini menyediakan permukaan yang luas untuk kaitan otot-otot. Terdiri atas dua lapisan jaringan tulang keras, di tengah lapisan terdapat lapisan  tulang seperti bunga karang (spons) yang di dalamnya berisi sumsum merah untuk pembentukan sel-sel darah.
    Tulang pipij terdapat pada tulang belikat, tulang dada, tulang rusuk dan tulang tengkorak.
  3. Tulang Pipa
    Tulang pipa berbentuk panjang seperti pipa, berisi sumsum kuning dan lemak. Tulang ini membentuk bonggol pada kedua ujungnya. Tulang pipa terdapat pada tulang lengan atas, tulang pengumpil, tulang hasta, tulang paha tulang kering dan tulang betis.

0 comments:

Post a Comment

 

de Biology Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea