Saturday 8 March 2014

Susunan Jaringan pada Daun (Folium) Tumbuhan Dikotil

Posted by de Fairest at 3/08/2014 06:02:00 pm
Daun merupakan organ tumbuhan yang berperan penting untuk melaksanakan proses fotosintesis (membuat makanan). Struktur daun harus dapat memenuhi kebutuhan penyerapan cahaya untuk fotosintesis, mencegah penguapan berlebihan, pertukaran gas, dan pengangkutan antara daun dan bagian lain dari tumbuhan.

Macam-macam jaringan yang menyusun daun pada dasarnya sama dengan jaringan yang menyusun akar dan batang, yaitu :

Penampang Melintang Daun Tumbuhan Dikotil
Penampang Melintang Daun Tumbuhan Dikotil

  1. Epidermis
    Epidermis merupakan lapisan paling luar, sehingga mempunyai fungsi utama untuk melindungi jaringan yang ada di bawahnya. Epidermis ditutupi juga oleh lapisan kutikula untuk mencegah terjadinya penguapan ait uang terlalu besar. Beberapa epidermis berubah menjadi sel stomata (mulut daun) untuk melaksanakan fungsinya sebagai tempat terjadinya pertukaran gas.

  2. Parenkim
    Parenkim terletak di sebelah bawah epidermis, dapat dibedakan menjadi dua yaitu palisade dan spons. Keduanya termasuk mesofil (daging daun). Pada parenkim ini khususnya palisade banyak mengandung klorofil, sehingga pada bagian inilah proses fotosintesis berlangsung.

  3. Ikatan Pembuluh
    Ikatan pembuluh terdiri atas xilem dan floem yang terdapat di dalam tulang-tulang atau urat daun yang tampak menonjol pada permukaan bawah daun. Ikatan pembuluh ini merupakan kelanjutan dari ikatan pembuluh batang dan akan berakhir pada celah kecil yang terdapat di tepi daun. Celah kecil yang terdapat di tepi daun tersebut disebut hidatoda.

0 comments:

Post a Comment

 

de Biology Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea