Thursday 27 March 2014

Karbohidrat

Posted by de Fairest at 3/27/2014 03:43:00 pm
Karbohidrat misalnya glukosa atau tepung, merupakan sumber energi utama untuk sel-sel yang hidup. Beberapa sel, seperti yang terdapat pada sistem saraf, tidak dapat menggunakan molekul lain sebagai sumber energinya, dan akan mati tanpa karbohidrat.

Karbohidrat adalah senyawa organik yang mengandung unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Berdasarkan gugus gula yang menyusunnya, karboidrat dibedakan menjadi tiga, yaitu monosakarida, disakarida dan polisakarida.

Di dalam tubuh manusia, glukosa (gula darah) merupakan jenis monosakarida yang sangat penting digunakan untuk menghasilkan energi. Dalam keadaan normal, seseorang mempunyai 70-100 mg glukosa per 100 ml darah.
Di negara-negara yang masyarakatnay mempunyai tingkat ekonomi yang tinggi, pemenuhan kebutuhan energinya 40-50% berasal dari karbohidrat. Sedangkan di Indonesia, hampir 70-80% energinya berasal dari kabohidrat. Makin rendah tingkat ekonominya, makin tinggi presentas energi tersebut berasal dari karbohidrat.
contoh makanan mengandung karbohidrat
contoh makanan mengandung karbohidrat
Makanan sumber karbohidrat adalah beras, singkong, umbi jalar, kentang, jagung, roti dan sagu. Di dalam tubuh, makan tersebut disimpan dalam bentuk glikogen (gula otot).

Beberapa fungsi karbohidrat, antara lain :
  1. Merupakan bahan pembentuk senyawa kimia lainnya, seperti lemak dan protein
  2. Sebagai sumber energi utama (1 gram glukosa = 4,1 kalori). Beberapa organ tubuh, seperti otak, lensat mata dan sel saraf,m sumber energinya sangat tergantung pada glukos dan tidak bisa digantikan oleh sumber energi lainnya
  3. Menjaga keseimbangan asam dan basa
  4. Mempunyai peranan penting pada metabolisme
  5. Selulosa membantu proses pencernaan makanan di dalam saluran pencernaan makanan
  6. Mempunyai peranan penting pada pembentuk struktur sel, jaringan dan organ tubu
  7. Laktosa membantu penyerapan kalsium
  8. Ribosa (karbohidrat beratom C lima buah ) merupakan komponen asam inti yang penting pada pewarisan sifat
Klasifikasi Karbohidrat 
  1. Monosakarida
    Monosakarida merupakan karbohidrat paling sederhana karena molekulnya hanya terdiri atas beberapa atom C dan tidak dapat diuraikan dengan cara hidrolisis menjadi karbohidrat lain. Monosakarida dibedakan menjadi aldosa dan ketosa. Contoh dari aldosa yaitu glukosa dan galaktosa. Contoh ketosa yaitu fruktosa.
  2. Disakarida dan oligosakarida
    Disakarida merupakan karbohidrat yang terbentuk dari dua molekul monosakarida yang berikatan melalui gugus -OH dengan melepaskan molekul air. Contoh dari disakarida adalah sukrosa,laktosa, dan maltosa. Oligosakarida adalah polimer derajat polimerisasi 2 sampai 10 dan biasanya bersifat larut dalam air. Oligosakarida yang terdiri dari 2 molekul disebut disakarida, dan bila terdiri dari 3 molekul disebut triosa. Bila sukrosa (sakarosa atau gula tebu). Terdiri dari molekul glukosa dan fruktosa, laktosa terdiri dari molekul glukosa dan galaktosa. Polisakarida Polisakarida merupakan polimer molekul-molekul monosakarida yang dapat berantai lurus atau bercabang dan dapat dihidrolisis dengan enzim-enzim yang spesifik kerjanya.
  3. Polisakarida
    Polisakarida merupakan karbohidrat yang terbentuk dari banyak sakarida sebagai monomernya. Rumus umum polisakarida yaitu C6(H10O5)n. Contoh polisakarida adalah selulosa, glikogen, danamilum.

0 comments:

Post a Comment

 

de Biology Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea