Saturday 22 March 2014

Peredaran Darah

Posted by de Fairest at 3/22/2014 08:55:00 pm
Darah dalam tubuh manusia beredar dalam pembuluh darah oleh karena itu disebut peredaran darah tertutup.

Pada waktu jantung mengembang darah yang berasal dari sleuruh tubh yang mbanyak mengandung sisa oksidasi dan karbondioksida masuk ke dalam serambi kanan melalui pembuluh balik besar atas dan pembuluh balik besar bawah. Dari serambi kanan darah masuk ke bilik kanan.
Pada waktu jantung menguncup darah dari bilik kanan dipompakan menuju pembuluh nadi paru-paru masuk ke dalam paru-paru, darah melepaskan CO2 dan mengikat O2. Kemudian darah yang kaya O2 melalui pembuluh balik paru-paru masuk ke dalam serambi kiri kemudian masuk ke bilik kiri.
Peredaran Darah Ganda Pada Manusia
Peredaran Darah Ganda Pada Manusia

Pada waktu bilik kiri menguncup, darah dipompa melalui aorta dan sampai ke seluruh tubuh melalui pembuluh kapiler arteri. Setelah sel tubuh menerima sari makanan dan oksigen dari darah, darah akan kembali ke pembuluh balik, masuk ke serambi kanan dan terjadi lagi peredaran darah seperti di atas.

Peredaran darah manusia ada dua macam yaitu :
a.       Peredaran darah kecil
Peredaran darah kecil adalah darah beredar dari jantung ke patu-paru kemudian kembali lagi ke jantung (jantung -> paru-paru -> jantung)
b.      Peredaran darah besar
Peredaran darah besar adalah darah beredar dari jantung ke seluruh tubuh kemudia kembali ke jantung (jantung -> seluruh tubuh -> jantung)

Pada peredaran darah kecil dan peredaran darah besar, darah melalui jantung sebanyak dua kali. Dengan demikian dalam satu peredaran darah, darah melalui jantung sebanyak dua kali sehingga disebut peredaran darah ganda.

0 comments:

Post a Comment

 

de Biology Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea