Thursday 20 March 2014

Pembuluh Darah

Posted by de Fairest at 3/20/2014 02:30:00 pm
Pembuluh darah adalah bagian dari sistem peredaran darah berupa saluran-saluran tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh atau sebaliknya.

Pembuluh darah terdiri dari :
  1. Pembuluh Nadi (Arteri)
    Pembuluh Nadi (Arteri)
    Pembuluh Nadi (Arteri)
    Pembuluh nadi (arteri) adalah semua pembuluh darah yang arahnya meninggalkan jantung (mengalirkan darah dari jantung) sehingga darah yang dibawanya kaya akan oksigen, kecuali pembuluh arteri pulmonalis (pembuluh arteri yang membawa darah dari jantung menuju paru-paru). Letak pembuluh ini agak ke dalam, tersembunyi dari permukaan tubuh di antara jaringan-jaringan otot.

    Pembuluh nadi berdinding tebal dan elastis sehingga dapat menahan tekanan darah yang disebabkan denyut jantung. Dengan adanya denyut jantung untuk memompa darah ke dalam pembuluh nadi,  maka pembuluh nadi jadi berdenyut, disebut denyut nadi. Denyut nadi dapat dirasakan dengan cara meraba pembuluh nadi yang terdapat pada pergelangan tangan atau di daerah leher.

    Pembuluh nadi hanya mempunyai satu katup di dekat jantung. Jika tubuh terluka  darahnya memancar keluar. Pembuluh nadi paling besar yang keluar dari bilik kiri disebut aorta.
  2.  Pembuluh Balik (Vein)
     Pembuluh Balik (Vein)
     Pembuluh Balik (Vein)
    Pembuluh balik adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah kembali ke jantung dari jaringan tubuh atau mengalirkan darah menuju jantung sehingga darah yang dibawanya miskin akan oksigen, kecuali pembuluh vena pulmonalis (pembuluh vena yang membawa darah dari paru-paru menuju jantung)

    Dinding pembuluh balik lebih tipis dari dinding pembuluh nadi. Pembuluh balik mepunyai banyak aktup, letaknya dekat dengan permukaan tubuh dan tampak kebiru-biruan, denyut tidak terasa dan jika tubuh terluka maka darah hanya menetes
    Pembuluh balik besar dibagi menjadi dua, yaitu :
    ·         Pembuluh balik besar atas à mengembalikan darah dari kepala dan tangan
    ·         Pembuluh balik besar bawah à mengembalikan darah dar badan dan kaki

    Pembuluh balik besar atas dan pembuluh balik besar bawah masuk ke serambi kanan.
  3. Pembuluh Kapiler (Capillary Vessel)
    Pembuluh kapiler merupakan pembuluh darah yang sangat halus berupa cabang pembuluh darah terkceil yang menyebar ke seluruh jaringan. Dindingnya tersusun atas satu lapis sel.

    Pada pembuluh kapiler terjadi pertukaran gas. Hasil penukaran gas ini akan diangkut ke vena dan diteruskan ke vena cava.

0 comments:

Post a Comment

 

de Biology Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea