Sunday 16 March 2014

Kelainan / Penyakit pada Rangka atau Tulang

Posted by de Fairest at 3/16/2014 08:39:00 pm
Kelainan.penyakit pada rangka atau tulang dapat mengganggu proses gerak yang normal. Kelainan ini dapat disebabkan oleh kecelakaan, kurang gizi, kuman, kebiasaan duduk yang salah dan lain-lain.

Beberapa kelainan/penyakit pada rangka atau tulang adalah sebagai berikut :
a.       Fraktura (Patah Tulang)
Fraktura (patah tulang) dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :
·         Patah tulang tertutup, terjadi apabila patahnya tulang tidak menyobek otot atau kulit, sehingga kulit tidak terluka

Fratura Tertutup
Fratura Tertutup
·         Patah tulang terbuka, terjadi apabila patahnya tulang menyobek otot dan kulit sehingga tulang mencuat keluar dan memudahkan terjadinya infeksi.
Factura Terbuka
Factura Terbuka
b.      Arthritis
Artritis adalah terjadinya radang pada sendi. Arthritis dibedakan menjadi dua, antara lain :
·         Arthritis eksudatif adalah kelainan pada tulang yang disebabkan oleh radang getah dalam sendi. Radang ini terjadi karena adanya kuman. Radang ini menimbulkan rasa sakit pada saat tulang digerakkan.
·         Arthritis sika adalah keringnya rongga sendi karena tidak terdapat atau kurangnya minyak sinovial sehingga menimbulkan bunyi pada saat tulang digerakkan dan menimbulkan rasa sakit
Arthritis
Arthritis
c.       Fisura (Retak tulang)
Fisura adalah kelainan pada tulang karena terjadi keretakan pada tulang akan tetapi tulangnya yang retak tersebut masih bisa disambung kembali.
d.      Nekrosa
Nekrosa
Nekrosa
Nekrosa  adalah terjadinya kematian dan mengeringnya sel-sel tulang yang disebabkan oleh rusaknya selaput tulang (periosteum) sehingga makanan tidak sampai ke tulang.
e.      Rakhitis
Rakhitis
Rakhitis
Rakhitis adalah terjadinya pembengkokan pada tulang kaki sehingga membentuk seperti huruf X atau O. Rakhithis terjadi karena kekurangan vitamin D dan zat kapur (kalsium) di dalam menu makanan atau zat makanannya.
Skoliosis, Lordosis, Kifosis
Skoliosis, Lordosis, Kifosis
f.        Kifosis
Kifosis adalah kelainan pada tulang belakanng karena kebiasaan duduk yang salah sehingga tulang belakang menjadi melengkung (bengkok) ke belakang
g.       Lordosis
Lordosis adalah kelainan pada tulang belakanng karena kebiasaan duduk yang salah sehingga tulang belakang menjadi melengkung (bengkok) ke depan
h.      Skoliosis
adalah kelainan pada tulang belakanng karena kebiasaan duduk yang salah sehingga tulang belakang menjadi melengkung (bengkok) ke samping kanan atau ke samping kiri.
i.         Osteoporosis
osteoporosis
Osteoporosis
Osteoporosis adalah kelainan tulang yang menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah patah. Osteoporosis dapat disebabkan oleh kekurangan zat kapur (kalsium ) di dalam tulang, merokok, mengkonsumsi narkoba dan kelebihan hormon kortikoid
j.        Layuh Semu (Poliomyelitis)
Layuh semu adalah penyakit tulang akibat rusaknya cakra epifise karena adanya infeksi sifilis sejak dalam kandungan sehingga tulang menjadi tidak bertenaga (layuh).
Layuh semu adalah penyakit tulang akibat rusaknya cakra epifise karena adanya infeksi sifilis sejak dalam kandungan sehingga tulang menjadi tidak bertenaga (layuh)


 Layuh Semu (Poliomyelitis)
 Layuh Semu (Poliomyelitis)

0 comments:

Post a Comment

 

de Biology Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea