Tuesday 11 March 2014

Proses Penulangan (Osifikasi)

Posted by de Fairest at 3/11/2014 10:00:00 am
Proses pembentukan tulang dari tulang rawan menjadi tulang keras disebut osifikasi. Osifikasi dimulai sejak fetus masih dalam kandungan. Segera setelah tulang rawan terbentuk  maka di dalamnya akan berongga dan berisi sel-sel pembentuk tulang. Setiap satuan sel tulang ini melingkari suatu pembuluh darah dan saraf membentuk suatu saluran yang disebut saluran havers. Pada saluran Havers terdapat pembuluh darah yang berhubungan dengan pembuluh darah pada periosteum, yang berfungsi untuk memberikan zat makanan ke bagian-bagian tulang.

Sekeliling sel tulang terbentuk dari senyawa protein yang akan menjadi matriks tulang. Kemudian ke dalam senyawa protein akan masuk kalsium dan fosfor sehingga tulang akan mengeras.

Pada waktu kita dilahirkan, proses penulangan belum sempurna. Beberapa tulang kepala masih dalam bentuk membran fibrosa, sehingg membentuk bagian "lunak" di kepala yang disebut fontanel.
Pada bayi, adanya fontanel sangat penting karena memungkinkan kepala bayi berubah bentuk sewaktu proses persalinan untuk menyesuaikan diri dengan jalan lahir panggul ibu. Selain itu, adanya fontanel memungkinkan terjadinya perkembangan otak yang cepat pada bayi.

Beberapa fontanel, antara lain :
  • Fontanel Anterior (Anterior Fontanelle)
    Fontanel anterior berbentuk belah ketupat, terletak antara tulang parietal dan tulang frontal. Fontanel ini akan menutup setelah bayi berumur 18 bulan.
    Tulang saat kelahiran, tampak tulang frontal & tulang pariental
    Tulang saat kelahiran, tampak tulang frontal & tulang pariental
    Fontanel Anterior pada Bayi berumur 1 bulan
    Fontanel Anterior pada Bayi berumur 1 bulan
  • Fontanel Posterior (Posterior Fontanelle)
    Fontanel Posterior
    Fontanel Posterior
    Fontanel posterior berbentuk segitiga terletak di antara dua tulang parietal dan satu tulang oksipita. Fontanel ini akan menutup setelah bayi berumur 2-4 bulan.
  • Fontanel Sfenoidalis (Spenoid Fontanelle)
    Fontanel sfenoidalis terletak di atas ostium sfenoidalis. Fontanel ini akan menutup setelah bayi berumur 2-4 bulan.
  • Fontanel Mostoideus (Mostoid Fontanelle)
    Fontanel mostoideus terletak di belakang ostium temporalis fontanel ini akan menutup setelah bayi berumur 12 bulan.

1 comments:

Post a Comment

 

de Biology Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea