Thursday 15 May 2014

Vitamin

Posted by de Fairest at 5/15/2014 12:18:00 pm
Istilah vitamin pertama kali digunakan oleh Funk pada tahun 1912, yaitu substansi yang diperlukan untuk kehidupan dengan komposisi yang terdiri atas gugus amin.

Menurut Wilson, vitamin mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  • Merupakan suatu substansi organik yang tidak dapat sintesis oleh tubuh sehingga harus ada di dalam menu makanan sehari-hari.
  • Diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan kehidupan
  • Berfungsi sebagai pengatur
Vitamin dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit, akan tetapi fungsinya tidak dapat digantikan oleh zat lain. Jika tubuh kekurangan vitamin, maka akan menyebabkan avitaminosis (hipovitaminosis).

Kebutuhan akan vitamin untuk setiap orang berbeda-beda, tergantung pada umur, jenis kelamin, aktivitas, dan kegiatan fisiologis. Kebutuhan ini umumnya meningkatkan secara bertahap mulai dari bayi hingga dewasa.

Kebutuhan vitamin untuk laki-laki lebih banyak dibandingkan wanita. Apabila kebutuhan vitamin tidak mencukupi maka tubuh akan kekurangan vitamin. Keadaan seperti ini disebut hipovitaminosis. Hipovitaminosis dapat terjadi karena makanan yang dikonsumsi kurang mengandung vitamin ada gangguan penyerapan vitamin pada usus, atau kebutuhan vitamin yang meningkat baik secara fisiologis maupun patologis.

Vitamin juga dapat menyebabkan keracunan apabila diserap secara berlebihan oleh tubuh. Keadaan seperti ini disebut hipervitaminosis. Hipervitaminosis umumnya terjadi pada vitamin yang larut dalam lemak.

Berdasarkan sifat kelarutannya vitamin dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu :

0 comments:

Post a Comment

 

de Biology Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea