Wednesday 14 May 2014

Lemak

Posted by de Fairest at 5/14/2014 10:24:00 am
Lemak adalah senyawa organik yang tersusun atas unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Komponen lemak terdiri dari asam lemak dan gliserol. Lemak tidak dapat larut di dalam air, tetapi larut di dalam pelarut organik, seperti eter, kloroform, dan benzena.

Lemak dibedakan menjadi tiga macam, yaitu :
  • Lemak Sederhana
    Yang termasuk lemak sederhana adalah lemak dan minyak. Lemak dan minyak tersusun atas trigleserida. Setiap trigleserida tersusun atas satu gliserol dan tiga asam lemak. 
  • Lemak Campuran
    Yang termasuk lemak campuran adalah fosfolipid dfan lipoprotein. Fosfolipid merupakan komponen pembentuk struktur dinding sel, berfungsi untuk mencegah terjadinya penguapan air yang berlebihan. Lipoprotein adalah lemak yang mengandung unsur nitrogen, berperan penting untuk pengangkutan beberapa jenis zat makanan dari saluran pencernaan ke seluruh sel atau jaringan tubuh yang membutuhkannya.
  • Lemak Asli
    Yang termasuk lemak asli adalah asam lemak, sterol dan kolesterol. 
Berdasarkan tingkat kejenuhannya, asam dua, yaitu :
  1. Asam lemak jenuh --> umumnya berbentuk padat dan dapat dibuat (disintesis) oleh tubuh sendiri. Yang termasuk asam lemak jenuh adalah asam palmiat, asam stearat, dan asam kaprilat.
  2. Asam lemak tidak jenuh --> umumnya berbentuk cair dan tidak dapat disintesis oleh tubuh sendiri. Yang termasuk asam lemak tidak jenuh adalah asam oleat, asam linoleat, asam linolenat.
Sterol merupakan lemak asli yang berperan penting sebagai komponen hormon dan vitamin. Kolesterol merupakan lemak asli yang digunakan oleh hati sebagai bahan utama untuk mensintesis asam empedu, asam kholat, dan beberapa garam empedu lainnya yang sangat dibutuhkan untuk penyerapan lemak. Meskipun kolesterol penting untuk membentuk garam-garam empedu, akan tetapi kadar kolesterol yang terlalu tinggi akan menyebabkan penyakit jantung koroner, yaitu terjadinya penyumbatan pada arteri koronaria.

Bahan makanan sumber lemak ada dua jenis, yaitu lemak nabati (asam lemak jenuh dan asam lemak tidak jenuh) dan lemak hewani (asam lemak jenuh).

Lemak nabati umumnya mengandung asam lemak tidak jenuh kecuali minyak kelapa. Contoh lemak nabati adalah minyak kelapa, minyak kelapa sawit, minyak zaitun, minyak jagung, minyak biji bunga matahari, margarin dan kacang-kacangan.

Lemak-hewani mengandung asam lemak jenuh, kecuali ikan dan kerang. Contoh lemak hewani adalah mentega, susu, keju, daging, ikan kerang dan kuning telur.

Lemak nabati umumnya lebih banyak mengandung asam lemak esensial dibandingkan lemak hewani. Asam lemak esensial dibutuhkan tubuh dalam proses pertumbuhan, reproduksi, pembentukan jaringan kulit, penggunaan lemak tubuh, pembentukan prostaglandin dan pemeliharaan membran sel.

Di dalam tubuh, lemak mempunyai beberapa peran penting yaitu:
a. Penghasil energi terbesar 1 gram lemak menghasilkan energi sebesar 9,3 kalori.
b. Pelarut vitamin A, D, E, dan K serta sebagai pembawa zaa makanan yang esensial.
c. Pelindung alat-alat tubuh karena membentuk bantalan lemak.
d. Menjaga tubuh dari kedinginan.
e. Penyedap makanan sehingga dengan adanya lemak, makanan menjadi lebih lezat.
f. Penahan lapar. Adanya lemak akan memperlambat pencernaan.

Kebutuhan akan lemak dalam makanan sehari-hari yang dianjurkan adalah 15-205 dari jumlah seluruh kalori yang diperlukan. Contohnya jika kebutuhan kalori setiap harinya adalah 2.500 kalori, maka diperlukan kalori dari lemak sebesar 20% x 2.500 kalori = 500 kalori. Energi 500 . kalori dapat dihasilkan oleh lemak sekitar 55 gram (500 kalori: 9 gram).

0 comments:

Post a Comment

 

de Biology Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea