Thursday 24 October 2013

Reproduksi Bakteri

Posted by de Fairest at 10/24/2013 07:36:00 am
1. Reproduksi Vegetatif

Bakteri pada umunya berkembang biak secara vegetatif dengan pembelahan biner ke arah transversal. Satu sel bakteri memberikan dua bakteri baru. Pembelahan ini berlangsung sangat cepat, yaitu setiap 15-20 menit. Reproduksi dalam arti sesungguhnya untuk menghasilkan individu baru yang jumlahnya lebuh banyak dari kedua induknya hanya dapat dilakukan dengan pembelahan binner, sebab reproduksi secara generatif dengan metode paraseksual pada bakteri hanya menghasilkan individu baru dengan cariasi gen yang baru, tidak menambah jumlah individu baru.

Reproduksi Bakteri


 2 Reproduksi Generatif (Paraseksual)

reproduksi generatif bakteri adalah reproduksi antara kedua bakteri yang berlainan melalui peristiwa penggabungan gen (DNA) dari kedua induknya yang bertujuan untuk menghasilkan bakteri dengan varian gen (DNA) yang baru. Reproduksi generatif bakter sering disebut paraseksual karena terkesan antara kedua bakteri yang akan menggabungkan kedua gennya terjadi perkawinan atau penyatuan yang diperantarai oleh sexpillus.
Secara terperinci cara reproduksi generatif pada bakteri terurai sbb :
a. Konjugasi

Konjugasi adalah peristiwa di mana dua sel bakteri mengadakan rekombinasi bahan-bahan inti atau DNA atau gen untuk mendapatkan varian yang baru. Prosesnya diawali dengan terbentuknya sexpillus yang menjadi penghubung dan saluran pemindah DNA antar kedua bakteri terbentuk. Selanjutnya, DNA donor bergerak melalui sexpillus untuk bergabung dengan kromosom resipien.
reproduksi bakteri konjugasi
Konjugasi

b. Transformasi

Transformasi adalah peristiwa di mana terjadi pembentukan varian baru bakteri atau rekombinasi gen atau DNA baru pada bakteri dengan bersumber dari DNA dono yang berasal dari bakteri yang mengalami lisis secara alami. Bakteri yang mengalami lisis alami melepas DNA-nya ke lingkungan dan kemudian akan masuk ke dalam sel bakteri lain (resipien) sehingga dapat berintegrasi ke dalam kromosom sel resipien.
Reproduksi bakteri dengan jalan transformasi
Transformasi
c.  Transduksi

Transduksi adalah peristiwa dimana terjadi pembentukan bakteri rekombinan baru dnegan DNA donor berasal dari sel bakteri yang mengalami lisis karena serangan bakteriofage (virus). Bakteri yang mengalami lisis karena virus akan melepas fage yang mengandung DNA bakteri fage yang mengandung DNA bakteri selnajutnya menempel pada bakteri lain (inang baru) dan berintegrasi dengan kromosom bakteri (inang baru).
Reproduksi bakteri dengan jalan transduksi
Transduksi
Sumber : Biologi SMA Kelas X Penerbit Grasindo.

1 comments:

Unknown said...

Terima kasih banyak! Sukses selalu <3

Post a Comment

 

de Biology Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea