Monday 26 December 2016

Penanggulangan Dampak Negatif Bioteknologi

Posted by de Fairest at 12/26/2016 10:50:00 am
Bioteknologi telah menghasilkan produk-produk yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, perlu juga diperhatikan dampak negatif dari perkembangan bioteknologi tersebut. Beberapa dampak negatif yang mungkin timbul akibat perkembangan bioteknologi di antaranya sebagai berikut.
  • Alergi. Gen asing yang disisipkan pada organisme yang menjadi makanan manusia dapat menyebabkan alergi terhadap individu tertentu. Untuk mencegahnya, perlu dilakukan pengujian dalam jangka waktu yang lama untuk memastikan ada tidaknya efek negatif tersebut terhadap konsumen. Selain itu, produk yang mengandung organisme hasil rekayasa bioteknologi harus diberi label dengan jelas guna memberi informasi kepada konsumen mengenai produk yang dikonsumsi.
  • Hilangnya plasma nutfah. Plasma nutfah atau keanekaragaman makhluk hidup dapat musnah akibat budidaya hewan atau tumbuhan yang unggul saja. Kepunahan plasma nutfah dapat diatasi dengan melakukan pemeliharaan berbagai jenis hewan dan tumbuhan di suatu situs konservasi tertentu.
  • Rusaknya ekosistem. Gangguan terhadap kondisi normal lingkungan dapat menyebabkan rusaknya ekosistem.
Tanaman kapas Bt selain menyebabkan matinya hama ulat yang memakannya, juga diduga menyebabkan larva kupu- kupu lain ikut mati.

1 comments:

buy contact lenses online said...

Hey keep posting such good and meaningful articles.

Post a Comment

 

de Biology Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea