Saturday 6 August 2016

Tahap Pembelahan Sel Secara Mitosis

Posted by de Fairest at 8/06/2016 12:07:00 pm
Sel memiliki siklus sel. Siklus sel terdiri dari fase pembelahan sel/mitotik (M) dan periode pertumbuhan yang disebut interfase. Interfase terdiri dari tiga subfase, yaitu GL S, dan G2, sebelum sel memasuki fase mitotik dan siap membelah.

Siklus sel terdiri atas fase mitotik dan interfase
Pembelahan mitosis merupakan pembelahan yang menghasilkan sel-sel tubuh. Secara garis besar, pembelahan sel secara mitosis terdiri dari fase istirahat (interfase), tase pembelahan inti (kariokinesis), dan fase pembelahan sitoplasma (sitokinesis). 

TAHAP INTERFACE
Pada tahap interfase, sel dianggap istirahat dari proses pembelahan. Meskipun demikian, sebenarnya tahap interface merupakan tahap yang aktif dan penting untuk mempersiapkan pembelahan. Persiapan berupa replikasi DNA (melipatgandakan DNA dari satu salinan menjadi dua salinan). Pada umumnya, sebagian besar waktu hidup sel berada pada tahap ini. Selanjurnya interfase dibagi lagi ke dalam fase gap-1 (Gl), fase sintesis (S), dan fase gap-2 (G2)
  • Fase gap-1 (Gl)
    Pada fase Gl sel-sel belum mengadakan replikasi DNA, sehingga DNA masih berjumlah 1 salinan (lc = 1 copy = salinan), dan diploid (2n).
  • Fase sintesis (S)
    Pada fase S DNA dalam inti mengalami replikasi (penggandaan jumlah salinan) sehingga pada fase sintesis akhirnya menghasilkan 2 salinan DNA dan diploid (2c, 2n).
  • Fase gap-2 (G2)
    Pada fase G2 replikasi DNA telah selesai, dan sel bersiap-siap mengadakan pembelahan.

TAHAP KARIOKINESIS
Kariokinesis adalah tahap pembelahan inti sel. Lihat Gambar 4.4. Tahap ini terdiri dari fase atau tahap-tahap yang lebih rinci sebagai berikut.
  • Profase
    Pada tahap profase, DNA mulai dikemas atau dipaket  menjadi kromosom. Kromosom merupakan struktur terpadat dari kemasan DNA. DNA perlu dikemas ke dalam kromosom. Profase merupakan tahap paling lama dalam mitosis.
    Pada profase awal, kromosom mulai tampak lebih pendek  serta menebal. Pada sel hewan, sentriol membelah dan masing- masing bergerak ke kutub yang berlawanan pada nukleus.
    Selanjurnya terbentuk benang-benang spindel (benang mikrotubul) yang terhubung dari kutub ke kutub. Pada sel tumbuhan, tidak terdapat sentriol dan benang spindel terbentuk tanpa terikat pada sentriol.
    Pada profase akhir, masing-masing kromosom terlihat terdiri dari dua kromatid yang terikat pada sentromer. Selanjurnya, nukleolus hilang dan membran nukleus hancur. Pada tahap ini kromosom terletak bebas di dalam sitoplasma.
  • Metafase
    Metafase merupakan tahap yang singkat dalam mitosis. Pada tahap-tahap ini, kromosom bergerak ke bidang ekuator benang spindel (bidang pembelahan). Kromosom terikat pada benang spindel melalui sentromer.
    Kromosom terletak di bidang ekuator dengan tujuan agar pembagian jumlah informasi DNA yang akan diberikan kepada sel anakan yang baru benar-benar rata dan sama jumlahnya.
  • Anafase
    Anafase juga merupakan tahap yang singkat dalam mitosis. Pada tahap ini masing-masing sentromer yang mengikat kromatid membelah bersamaan. Kromatid bergerak menuju kutub pembelahan. Kromatid dapat bergerak ke arah kutub pembelahan karena terjadinya kontraksi benang spindel. Pada saat kontraksi, benang spindel memendek kemudian menarik kromatid menjadi dua bagian ke dua kutub yang berlawanan. Tahap anafase menghasilkan salinan kromosom berpasangan (lc, 2n).
  • Telofase
    Pada tahap ini kromatid telah disebut kromosom. Membran inti mulai terbentuk dan nukleolus kembali muncul. Kromosom membentuk benang-benang kromatin- Selanjutnya, pada tahap telofase akhir terjadi pembelahan sitoplasma dengan proses yang disebut sitokinesis.

TAHAP SITOKINESIS
Pada tahap sitokinesis terjadi pembelahan sitoplasma yang diikuti dengan pembentukan sekat sel yang baru. Sekat memisahkan dua inti tersebut menjadi dua sel anakan.

Pada sel hewan, tahap sitokinesis dimulai saat telofase berakhir. Pada telofase akhir terjadi penguraian benang- benang spindeL Kemudian segera terbentuk cincin mikrofilamen yang menyempit di daerah bekas bidang ekuator. Kontraksi ke arah dalam ini menyebabkan celah yang mendalam pada permukaan sel, diikuti dengan pembagian isi dua sel secara terpisah. 
Sitokinesis pada sel hewan : penguraian benang spindel --> pembenttukan cincin mikrofilamen dibekas bidang ekuator -->  terjadi kontraksi yang membagi sel menjadi dua --> terbentuk dua sel anakan

Pada sel tumbuhan terdapat dinding sel yang keras. Oleh karena itu, cara sitokinesis sel tumbuhan berbeda dengan sel hewan. Sel tumbuhan yang telah mengalami kariokinesis segera membentuk sekat sel (cell plate) di sekitar bekas bidang pembelahan. Sekat ini mula-mula terbentuk dari vesikel membran yang berasal dari badan Golgi. Vesikel tersebut diarahkan sepanjang benang spindel di bidang ekuator. Vesikel-vesikel tersebut kemudian mengalami fusi (penyatuan) membentuk membran, dan diikuti dengan terbentuknya dinding sel yang baru. 
Sitokinesis pada sel tumbuhan : vesikel mengumpulk di ekuator benang spindel --> terjadi fusi fesikel --> terbentuk sekat sel -->terbentuk dua sel anakan 

2 comments:

Captain Coro said...

Trims banget mbak, ngebantu banget buat belajar besok ulangan :v

de Fairest said...

@Aldo D, terima kasih kembali aldo, semoga bermanfaat yaa

Post a Comment

 

de Biology Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea