Wednesday 19 February 2014

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Posted by de Fairest at 2/19/2014 08:46:00 am
Sel hewan dan sel tumbuhan dapat dibedakan berdasarkan bentuk luar (morfologi), kegiatan faal(fisiologi)  dan reproduksinya . 

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan 
  1. Berdasarkan Morfologinya
    Sel hewan dan sel tumbuhan umumnya mempunyai ukuran yang sama. Perbedaan antara keduanya tergantung pada lapisan luarnya. Lapisan terluar dari sel hewan adalah membran sel, oleh karena itu bentuk selnya dapat berubah-ubah tergantung pada tekanan permukaannya. Sedangkan lapisan terluar dari sel tumbuhan adalah dinding sel. Umumnya dinding slenya keras, oleh karena itu bentuk selnya hampir tetap.

    Dinding slenya mengandung seluloas. Di samping itu di dalam sitoplasma sel tumbuhan mengandung plastida khususnya kloroplas yang berguna dalam proses fotosintesis.
  2. Berdasarkan Fisiologinya
    Perbedaan sel hewan dan sel tumbuahn berhubungan dengan lapisan terluar pada kedua sel tersebut. Lapisan terluar sel tumbuhan adalah dinding sel. Dinding sel mencegah terjadinya pengembangan sel, sehingga bila menyerap air akan terjadi tekanan pada dinding sel, disebut tekanan turgor. Oleh karena itu bentuk selnya hampir tetap atau kaku. Sebaliknya sel hewan bersifat permeabel sehingga pada kondisi yang memungkinkan membran sel mengembang dalam batas-batas tertentu.

    Perbedaan fisiologis lainnya antara sel hewan dan sel tumbuahn adalah kemampuan masing-masing sel dalam mencerna zat. Sel tumbuhan mempunyai kemampuan untuk menyusun senyawa-senyawa anorganik sederhana menjadi karbohidrat, lemak dan protein. Sebaliknya, sel hewan hanya mencerna senyawa-senyawa organik yang bersal dari tumbuhan atau hewan lainnya.
  3. Berdasarkan Reproduksinya
    Sel hewan dan sel tumbuhan, kedua-duanya mempunyai kemampuan untuk bereproduksi. Akan tetapi pada tahap tertentu saat terjadi pembelahan antara sel hewan dan sel tumbuhan terdapat sedikit perbedaan. Misalnya di dalam sel tumbuhan yang sedang berbunga tidak ditemukan sentrosom.

3 comments:

Naufal Ar said...

Izin nyalin tabel. Makasih

Aditya said...

Tnx

Unknown said...

Thx, izin copy tabelnya utk skripsi 😇

Post a Comment

 

de Biology Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea