Tuesday 12 January 2016

Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Tumbuhan

Posted by de Fairest at 1/12/2016 01:32:00 pm

Pertumbuhan adalah pertambahan jumlah sel  pada suatu organisme. Pertumbuhan bersifat tidak dapat kembali (irreversible). Proses pertumbuhan biasanya diikuti dengan pertambahan berat tubuh. Pertumbuhan diikuti perkembangan yang merupakan proses saling terkait.

Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan di awali dengan pertumbuhan bakal biji dan bakal buah. Tahap berikutnya adalah perkecambahan. Tumbuhan yang telah mengalami perkecambahan kemudian akan mengalami pertumbuhan sampai akhirnya menjadi tumbuhan dewasa yangd apat menghasilkan biji kembali.  Contoh yang diambil adalah tumbuhan Angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup).

 Perkembangan Bakal Biji dan Bakal Buah
Angiospermae mengalami pembuahan ganda. Pembuahan ganda menghasilkan zigot dan endosperm. Setelah terjadi pembuahan ganda, bakal biji akan berkembang menjadi biji dan bakal buah akan berkembang menjadi buah yang melindungi biji.

Perkembangan Bakal Biji
Bakal biji akan tumbuh dan berkembang menjadi biji. Di dalam bakal biji terdapat zigot dan endosperm. Zigot akan tumbuh dan berkembang menjadi embrio.

Keterangan :  
  • Embrio: kuncup embrionik yang memanjang dan melekat pada kotiledon. 
  • Hipokotil: bagian bawah pangkal dan melekat pada kotiledon. Epikotil: bagian atas pangkal. Unjung dari epikotil disebut plumula dan memiliki sepasang daun. · Radikula: merupakan bagian ujung paling bawah

Perkembangan Endosperm
Endosperm tumbuh dan berkembang lebih dahulu dibandingkan pertumbuhan dan perkembangan embrio. Endosperm kaya akan cadangan makanan. Cadangan makanan tersebut digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan embrio. Pada sebagian besar tumbuhan monokotil, endosperm berisi cadangan makanan yang dapat digunakan sampai terjadinya perkecambahan.  Pada beberapa tumbuhan dikotil, cadangan makanan diberikan kepada kotiledon (daun biji) sebelum biji tumbuh dan berkembang lebih lanjut.
Perkembangan Endosperm

Perkembangan Embrio
Pertumbuhan dan perkembangan embrio diawali dengan pembelahan zigot secara mitosis menghasilkan sel basal dan sel terminal. Sel basal berkembangan menjadi suspensor. Suspensor berfungsi sebagai penghubung antara embrio dan kulit bakal biji, serta mengalirkan nutrien dari tumbuhan induk atau dari endosperm. Sel terminal berkembang menjadi proembrio yang melekat pada suspensor. Kotiledon mulai berkembang membentuk tonjolan pada proembrio  yang juga diikuti permbangan embrio. Embrio berkembang membentuk ujung batang dan ujung akar.

Struktur Biji yang matang
Selama pematangan biji, biji mengalami pengurangan kandungan air sampai tinggal sekitar 5%-15% dari berat biji. Selanjutnya embrio berhenti berkembang sampai biji mengalami perkecambahan. Biji yang matang mengandung embrio yang dikelilingi kotiledon, endosperm, atau keduanya. Biji dilindungi oleh kulit biji.

Tumbuhan dikotil memiliki dua kotiledon. Pada  perkembangan embrio tumbuhan dikotil, akan terbentuk epikotil dan  hipokotil. Epikotil terletak di atas kotiledon. Di ujung epikotil terdapat plumula, yaitu berupa ujung dan batang dan sepasang calon daun. Hipokotil terletak di bagian bawah kotiledon. Hipokotil berujung di calon akar (radikula). Sementara itu, pada tumbuhan monokotil hanya terdapat satu kotiledon. Kotiledon pada beberapa tumbuhan monokotil disebut skutelum. Skutelum sangat tipis dan letaknya tertekan oleh endosperm. Skutelum menyerap nutrien dari endosperm selama perkecambahan. Embrio pada rumput-rumputan dikelilingi oleh koleoriza dan koleoptil. Koleoriza melindungi calon akar dan koleoptil melindungi calon batang.

Perkembangan Bakal Buah
Ketika bakal biji berkembang menjadi biji, bakal buah berkembang menjadi buah. Buah berfungsi melindungi biji ketika biji dipencarkan oleh angin atau hewan. Buah mulai berkembang setelah terjadinya penyerbukan. Penyerbukan merangsang perubahan hormon yang menyebabkan bakal perkarp (bagian dinding buah yang paling tebal). Pada saat bakal buah berkembang, bagian-bagian bunga yang lain gugur. Jika pada suatu bunga tidak terjadi penyerbukan, buah tidak akan berkembang dan semua bagian bunga gugur dari tangkainya.

0 comments:

Post a Comment

 

de Biology Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea